Rabu, 19 Mei 2010

Las Listrik MIG

MIG (Metal Active Gas) adalah pengelasan dengan gas nyala yang dihasilkan berasal dari busur nyala listrik, yang dipakai sebagai pencair metal yang di–las dan metal penambah. Sebagai pelindung oksidasi dipakai gas pelindung yang berupa gas kekal (inert) atau CO2. MIG digunakan untuk mengelas besi atau baja, sedangkan gas pelindungnya adalah mengunakan Karbon dioxida CO2. Seperti halnya pada las listrik TIG, pada las listrik MIG juga panas ditimbulkan oleh busur listrik antara dua elektron dan bahan dasar. Elektroda merupakan gulungan kawat yang berbentuk rol yang geraknya diatur oleh pasangan roda gigi yang digerakkan oleh motor listrik. Gerakan dapat diatur sesuai dengan keperluan. Tangkai las dilengkapi dengan nosel logam untuk menghubungkan gas pelindung yang dialirkan dari botol gas melalui slang gas. Gas yang dipakai adalah CO2 untuk pengelasan baja lunak dan baja. Argon atau campuran argon dan helium untuk pengelasan aluminium dan baja tahan karat. Proses pengelasan MIG ini dapat secara semi otomatik atau otomatik. Semi otomatik dimaksudkan pengelasan secara manual, sedangkan otomatik adalah pengelasan yang seluruhnya dilaksanakan secara otomatik. Elektroda keluar melalui tangkai bersama-sama dengan gas pelindung. Pengelasan MIG (metal inert gas) secara luas digunakan setiap kali dibutuhkan peleburan/penyatuan logam dengan kecepatan tinggi dan sedang. Teknik ini menggunakan arc DC yang nyala di antara bagian yang dikerjakan dan kawat elektroda, dimana elektroda ini fungsinya secara simultan adalah sebagai pembawa tenaga dan sumber filler logam. Gas pelindung melingkupi arc, proses pemindahan tetesan dan leburan logam dari pengaruh atmosfir.
Proses pengelasan GMAW disebut juga dengan MIG (Metal Inert Gas). Prinsip dasar dari proses GMAW ini tidak jauh berbeda dengan SMAW, yaitu penyambungan yang diperoleh dari proses pencairan sambungan logam induk dan elektroda yang nantinya membeku membentuk logam las. Perbedaan lain yang cukup terlihat antara GMAW dan SMAW adalah pada pemakian jenis pelindung logam gas. Pada SMAW pelindung logam las berupa fluks, sedangkan pada GMAW pelindung ini berupa gas. Gas yang dimaksud bisa Inert atau Active. Dengan demikian karena tidak menggunakan fluks, maka hasil pengelasannya tidak terdapat terak. Proses GMAW ini selain dipakai untuk mengelas baja karbon juga sangat baik dipakai untuk mengelas baja tahan karat atau Stinless Steel serta mengelas logam-logam lain yang afinitas terhadap Oksigen sangat besar seperti Alumunium (Al) dan Titanium (Ti).
Untuk pengelasan MIG, gasnya adalah gas inert : argon atau campuran argon-helium. Pengelasan MAG menggunakan campuran argon dengan gas aktif seperti oksigen, CO atau keduanya. Dalam pengelasan jenis ini antara benda kerja dan elektroda terumpan dilindungi dengan gas pelindung. Efisiensi pengelasan jenis ini lebih tinggi dan kecepatan pengelasan jauh lebih baik. Pengelasan ini umumnya dilakukan secara otomatik. Gas karbon dioksida sering digunakan sebagai gas pelindung untuk pengelasan logam baja karbon dan baja paduan rendah. Banyak orang merujuk pada pengelasan MIG sebagai GMAW atau gas pengelasan busur logam. Seringkali kedua istilah ini digunakan secara bergantian. Jenis pengelasan ini dianggap otomatis atau semi-otomatis karena hal itu terjadi dengan cepat. Proses bekerja untuk bergabung dengan dua keping logam dengan terus melewati kawat las melalui pistol. Kabel tersambung ke arus searah dan kemudian melewati senapan dengan gas inert seperti Argon. Kawat bertindak sebagai elektroda dan gas inert bertindak sebagai perisai sebagai pengelasan dilakukan. Ini berarti bahwa mencemarkan adalah ditanggung udara bukannya dimasukkan ke dalam zona weld. Seorang tukang las MIG akan menggunakan metode ini untuk menyatukan logam lebih cepat daripada tongkat biasa pengelasan terutama ketika mereka ingin untuk mengelas logam ringan seperti aluminium. Ketika metode ini pertama kali memulai gas inert terlalu mahal untuk melakukan proses sepanjang waktu. Hari ini, karbon dioksida dapat digunakan sebagai pengganti gas yang lebih mahal dan membuat metode ini lebih hemat biaya.
Kelebihan dari MIG Welding :
Ada beberapa keuntungan dari las MIG:
* Las mig lebih cepat dari pada metode pengelasan tradisional dan menghasilkan hasil yang lebih tahan lama, terus-menerus.
* Dapat digunakan dengan berbagai paduan dan logam yang membuatnya menjadi panutan dalam proses serbaguna.
*MIG digunakan untuk mengelas besi dan baja.
Kerugian dari MIG Welding :
Walaupun ini adalah proses yang sangat khusus yang bekerja secara efisien untuk banyak proyek ada beberapa kekurangan yang dimiliki antara lain : 1) peralatan pengelasan yang kompleks dan besar untuk digunakan. 2) Peralatan yang memerlukan sumber arus kontinu dan terus-menerus memberi makan kawat melalui pistol.
3) Ini merupakan proses yang sangat berbeda dari pengelasan tradisional sehingga ada kurva belajar bagi semua tukang las yang menggunakan teknik ini.
4) Karena gas inert, pengelasan MIG tidak dapat digunakan di daerah terbuka karena angin akan menyebabkan gas lebih banyak bermasalah untuk tukang las MIG. 5) Mengelas kurang bersih dengan menghasilkan seperti hujan rintik-rintik
Pengelasan MIG telah menjadi sangat penting dalam banyak industri karena kemampuannya untuk mengelas logam dengan cepat. Jenis pengelasan ini dilakukan di berbagai macam industri yang mencakup industri otomotif dan industri nuklir. Mig welding merupakan cara pengelasan yang dapat menghemat biaya. Mereka menggunakan waktu lebih sedikit untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya ARC TIG atau mengelas mengkonsumsi waktu lebih besar daripada waktu yang diperlukan untuk mengelas dalam metode Mig.

11 komentar:

  1. Blog anda bagus.
    Keep posting pak huda.
    Kunjungi juga blog saya di http://toekanglas.blogspot.com

    BalasHapus
  2. mas huda untuk hasil pengelasan yang menggunakan bahan dr stenlis lebih bagus argon atau mig ya.dlm tingkat kehalusan

    BalasHapus
  3. Untuk pengisian gas co2 dimna ya mashuda.........dan kira2 berapa tiap pengisian gas 25l mksh

    BalasHapus
  4. bang huda, ada referensi untuk kecepatan penegelasannya gk, untuk las MIG? bearapa kecepatannya

    BalasHapus
  5. Salam hormat dan kenal dari www.ciptaseni.tk

    BalasHapus
  6. Salam hormat dan kenal dari www.ciptaseni.tk

    BalasHapus
  7. Selamat malm mas Huda,klau selang gas argonya sering pecah itu KNPA ya

    BalasHapus
  8. selamat sore mas huda..
    kami akan ada pekerjaan pengelasan pipa baik BS SCH.40 & GIP SCH.40.. Tetapi untuk QC nya mereka minta 100% X-Ray.

    Pertanyaan nya..
    1. lebih baik menggunkan STICK WELDING atau Gas (CO2) Welding Pak.

    2. Kalau Menggunkan CO2 Welding bagaimana perhitungan biaya Tenaga Kerja Dan Material Weld nya Pak.

    Thanks
    Chandra Tiga.r
    e-mail : chandra_tigariyawanto@yahoo.coid

    BalasHapus
  9. makasih bang infonya...kerennn
    https://www.builder.id/category/pertukangan/tukang-las/

    BalasHapus